masalah oh masalah

bahwa hidup ini penuh dengan berbagai masalah adalah hal yang telah lama saya sadari. terkadang rasanya capek, lelah, letih dan terlalu lemah untuk menghadapi semuanya. dan bagian terburuknya adalah ketika hati dan pikiran dikuasai sama hal-hal negatif. pemikiran negatif, prasangka negatif serta kenegatifan lainnya yang akhirnya melahirkan keputusan-keputusan negatif yang membuat masalah makin berlarut-larut, carut marut dan makin sulit untuk diselesaikan. lalu muncul lah berbagai pertanyaan di benak saya. kenapa harus saya. kenapa semua masalah ini terus mengikuti saya. kenapa mereka harus datang secara bertubi-tubi. kenapa si anu atau si ini bisa hidup dengan tenang tanpa harus mengalami masalah seperti yang saya alami. kenapa dan kenapa, saya terus bertanya pada diri sendiri dan bahkan sama Allah.
saya bertanya dan pertanyaan saya makin banyak
saya mengeluh dan hal yang saya keluhkan makin banyak
dan entah sejak kapan saya mulai menemukan jawabannya. jawaban dari semua pertanyaan dan keluhan itu.
ternyata ketika masalah itu datang, saya harus berhenti bertanya dan mengeluh. karena bertanya dan mengeluh tidak akan menyelesaikan apa-apa, bahkan membuat segalanya menjadi lebih rumit. kenapa harus menyalahkan masalah? bukankah eksistensi masalah adalah sebuah keniscahyaan dalam tiap-tiap kehidupan? maka sampai kapan kita akan terus memusuhi masalah?
maka mungkin kita harus segera berdamai dengan masalah
ya betul. berdamai dengan masalah. belajar untuk tidak lagi menyalahkan masalah. belajar untuk menerimanya sebagai bentuk lain dari anugerah kehidupan yang merupakan anugerah dari Sang Maha Hidup. sama halnya ketika kita dengan pasrahnya menerima kebahagiaan, kesedihan, cinta, benci, kekeluargaan, persahabatan, penderitaan, kekecewaan, penyesalan, keceriaan, keramahan, kemarahan, kebaikan, keburukan, tertekan, kelegaan atau hal lainnya yang pernah mewarnai hidup kita.  
Karena berdamai dengan masalah akan membuat kita cukup mampu untuk menikmati semua proses kehidupan yang memang harus kita jalani. 
Karena masalah adalah guru terbaik yang mampu memberikan dan meningkatkan skill kebijaksanaan, kearifan, kesabaran, keberanian, kecerdasan emosional, kemampuan untuk berempati kepada orang lain, kekuatan untuk bertahan dan menjaga pikiran positif, serta banyak pelajaran lainnya yang tidak akan mampu diajarkan oleh guru-guru hebat manapun yang pernah mengajar kita
Singkat cerita, masalah itu sebenarnya baik ya :)
jadi gak usah takut, benci dan bahkan lari darinya
ah ya hal terpenting yang diberikan oleh masalah adalah
kesadaran bahwa kita sangat membutuhkan Allah. karena seringkali, masalah sukses membuat kita sadar bahwa kita ini lemah, tidak berdaya dan tidak punya kuasa apa-apa. kemudian kita akan mulai memohon untuk dikuatkan, diberikan jalan, diberikan kemudahan, diberikan kasih sayang, diberikan perlindungan, diberikan kebijaksanaan, diberikan petunjuk untuk mengatasinya. dan tentunya kita juga akan diberi kesadaran bahwa kita membutuhkan orang-orang terdekat kita, untuk berada disamping kita dan memberikan nasihat serta saran-saran membangun untuk melewati semuanya.
maka berdamailah dengan masalah :)
karena tidak ada nelayan hebat yang lahir dari laut yang tenang
yakinlah, bahwa semua masalah yang saat ini kita hadapi. seberat dan sebanyak apapun itu,
akan membentuk kita menjadi insan yang lebih absolut.
    



      
 





    

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Kelinci q baru aja ditinggal mati pasangannya, trs jd pendiem lemes gak nafsu makan gitu..
    Apa perlu ya aku cariin pasangan baru? Kan katanya kelinci setia gtu, kira2 mau ga ya dikasih baru? :-)

    BalasHapus

Back
to top